10 Makanan Yang Mengandung Asam Amino

Semua orang tahu bahwa betapa pentingnya protein bagi tubuh kita, tapi tahukah anda kalau protein tersebut penyusunnya adalah beberapa macam asam amino dengan rantai panjang yang dihubungkan lewat ikatan peptida? Untuk mencukupi nutrisi terutama protein dalam tubuh, maka kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam amino.

Protein dalam tubuh kita digunakan untuk membangun otot, rambut, tulang, kulit, darah, dan hampir semua jaringan yang ada dalam tubuh. Protein juga membangun enzim yang mengubah protein menjadi asam amino dan akan mempercepat reaksi kimia yang ada dalam tubuh, contohnya enzim peptin akan mengubah protein menjadi penton dan proteos. Karena manfaat protein yang sangat besar, dibawah ini adalah makanan yang mengandung asam amino yang wajib kita konsumsi.

Apa Itu Asam Amino Dan Bagaimana Fungsinya?

Pengertian Asam Amino

Asam amino adalah senyawa organik yang setidak-tidaknya mengandung gugus asam karboksilat (−COOH), gugus amino (−NH2) dan gugus organik (−R). Karena adanya gugus asam karboksilat dan amino tersebut, orang lebih mengenalnya sebagai asam amino.

Setiap asam amino mengandung atom C, yang disebut dengan C – alpha yang mengikat gugus karboksil, gugus amino, gugus −R dan 1 atom hidrogen.

Dibawah ini adalah contoh asam amino glisin.

Fungsi Asam Amino

Begitu banyak manfaat asam amino buat tubuh kita, diantaranya adalah :

  1. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Contohnya : ketika kita jatuh dan terluka, maka asam amino yang ada dalam tubuh kita akan membentuk protein yang akan membentuk jaringan sel kulit baru.
  1. Untuk pertumbuhan
  1. Mengatur nafsu makan
  1. Bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh atau imunitas
  1. Mengatur tekanan darah
  1. Menyeimbangkan kadar nitrogen yang diperlukan tubuh
  1. Bahan baku pembuatan ezim

Protein Yang Dibutuhkan Tubuh

Berdasarkan RDA (Recommended Dietary Allowance), untuk setiap Kg berat tubuh manusia membutuhkan 0,8 Kg protein. RDA adalah jumlah nutrisi standar yang anda perlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Secara spesifik untuk menentukan jumlah protein yang diperlukan tiap hari, rumusnya adalah : berat bandan anda (dalam pound) x 0,36.

Contohnya : Berat badan seseorang adalah 75 Kg = 165,347 pound (pakai kalkulator berat di google), maka protein yang harus di konsumsi setiap hari adalah 165,347 x 0,36 = 59,525 gram perhari. (Sumber: Health Harvard University)

Kebanyakan orang sehat yang tinggal di negara-negara maju mendapatkan protein lebih dari cukup dalam makanan mereka, tetapi buat orang yang tinggal dinegara berkembang seperti Indonesia akan menjadi masalah besar karena tidak semua orang dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam amino adalah cara terbaik yang harus dilakukan agar seseorang cukup asupan proteinnya. Orang yang tidak makan makanan hewani atau vegetarian, mungkin perlu makan lebih banyak dan lebih banyak variasi makanan nabati yang mengandung asam amino untuk mencapai asupan harian yang dianjurkan. Konsultasi dengan dokter, untuk mengetahui makanan apa yang harus dikonsumsi.

Baca Juga : Glutamin Adalah Asam Amino

Apa Saja Makanan Yang Mengandung Asam Amino?

Jika Anda mencari makanan yang mengandung asam amino yang cukup tinggi, maka lihat data di bawah ini. Data makanan ini diambil dari sumber sangat terpercaya U.S. DEPARTMENT OF AGRICULTURE melalui uji experiment beberapa sampel makanan.

Telur

Telur adalah sumber asam amino hewani yang sangat baik dan sering dikonsumsi oleh setiap orang. Mengandung asam amino esensial triptofan, metionin, dan lisin yang tinggi. Telur juga merupakan sumber kolin, yang penting untuk membangun membran sel dan memecah lemak di dalam tubuh.

Setiap 1 butir telur (beratnya kira-kira 34 gram) mengandung mineral Se (selenium) sebesar 6.09 mg dan riboflavin 0.133 mg.

Kandungan protein telur : 1 Telur bulat (34 gram) mengandung 3.64 gram protein.


Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan makanan berprotein tinggi yang mengandung beberapa asam amino dan mengandung lemak omega-3. Setiap 100 gram ikan tuna mengandung mineral phosphorus (P) sebesar 137 mg, kalium (K) sebesar 176 mg dan natrium (Na) sebesar 219 mg.

Kandungan protein ikan tuna : tiap 100 gram ikan tuna mengandung 19 gram protein.


Kacang Almond

Kacang Almond kaya akan nutrisi penting dan serat, selain itu juga mengandung vitamin E. Setiap 100 gram kacang almond mengandung mineral phosphorus (P) sebesar 465 mg, kalium (K) sebesar 684 mg dan Magnesium (Mg) sebesar 258 mg.

Kandungan protein kacang almond : Untuk per 100 gram, mengandung 20.4 gram protein.


Yogurt

Yogurt adalah sumber kalsium (Ca), kalium (K), dan vitamin B12 yang sangat baik. Ini juga mengandung beberapa asam amino seperti prolin, leusin, lisin.

Kandungan protein yogurt : tiap 100 gram yogurt mengandung 10.3 gram protein.


Ayam

Ayam adalah salah satu makanan hewani yang kaya akan protein yang paling populer diseluruh dunia. Setiap bagian ayam seperti dada, sayap, paha mengandung jumlah protein dan kalori yang berbeda. Ayam banyak mengandung kalium dan fosfor.

Kandungan protein ayam : tiap 100 gram ayam mengandung 23.9 gram protein.


Susu

Susu dalah sumber protein berkualitas tinggi yang tinggi akan kalsium (Ca), fosfor (P), dan riboflavin (vitamin B2). Selain itu susu banyak mengandung laktosa yang bermanfaat buat tubuh. Tapi buat seseorang yang alergi susu maka dapat menggunakan alternatif minum susu kedelai.

Kandungan protein dalam susu : Satu gelas susu sapi murni mengandung 8 gram protein , sedangkan satu gelas susu kedelai mengandung 6,3 gram protein.


Bayam

Bayam merupakan salah satu makanan yang mengandung jumlah folat, vitamin A dan B12 yang baik. Ini dapat disiapkan dengan berbagai cara seperti mentah atau dimasak untuk menambah nutrisi pada makanan Anda. Bayam juga kaya akan mineral kalium.

Kandungan protein ayam : tiap 100 gram bayam mengandung 2.85 gram protein.

Baca Juga : Asam Amino Non Esensial : Pengertian, Jenis dan Fungsi, Sumber

Wortel

Wortel tidak hanya tinggi beta karoten tetapi juga kaya lisin. Mengandung vitamin K, folat dan vitamin C yang cukup tinggi.

Kandungan protein wortel : tiap 100 gram wortel mengandung 0.81 gram protein.


Kedelai

Kedelai merupakan makanan pengganti yang sehat untuk keju dan juga susu karena kedelai menyediakan kalsium, zat besi dan seng yang merupakan nutrisi utama makanan yang mengandung amino.

Kandungan protein kedelai : tiap 100 gram kedelai mengandung 1.04 gram protein.


Brokoli

Brokoli mengandung mineral kalium yang sangat tinggi, dalam 100 gram brokoli mengandung 303 gram kalium. Sedangkan asam amino yang paling tinggi dalam brokoli adalah asam glutamat.

Kandungan protein brokoli : tiap 100 gram brokoli mengandung 2.57 gram protein.

10 jenis makanan yang mengandung asam amino diatas sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi agar kebutuhan protein kita dapat terpenuhi. Semoga kita tetap selalu sehat.

Baca Juga : Asam Amino Arginin : Pengertian, Struktur, Sifat, Sintesis, Kegunaan, Sumber

Tinggalkan komentar