Kebutuhan Protein Harian untuk Fitnes

Anda ingin memiliki otot memikat layaknya olahragawan? Ketahui kebutuhan protein harian untuk fitnes bila Anda ingin membentuk tubuh dengan otot yang kuat. Selain olahraga otot, mengonsumsi protein dalam jumlah tertentu sesuai kebutuhan juga sangat penting.

Baca pembahasan mengenai kebutuhan protein dalam proses pembentukan otot di bawah ini agar masa fitness Anda tidak sia-sia!

Mengapa Harus Mengkonsumsi Protein ketika Fase Fitnes?

Mengapa ketika sedang dalam fase fitnes atau ingin membentuk otot tubuh Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan berprotein tinggi? Karena ternyata ketika sedang melakukan olahraga otot, otot Anda akan robek sedikit-sedikit dan protein akan membantu mengembalikan otot yang rusak.

Jika sekarang kita cari tahu bagaimana cara pembentukan otot maka Anda akan paham bagaimana pentingnya peranan protein dalam pembentukannya. Otot yang rusak akan mengirimkan sinyal pada otak agar memberinya asam amino untuk membentuk kembali otot dengan sel baru.

Otot yang sudah diperbaiki oleh asam amino akan membuatnya lebih kuat dan besar dari sebelumnya. Asam amino adalah protein yang sudah diubah tubuh, didapat bila tubuh mengkonsumsi makanan berprotein seperti kacang-kacangan, telur ayam, ikan, dll.

Kebutuhan Protein Harian untuk Fitnes

Pertumbuhan otot tersebut hanya akan terjadi bila terdapat asupan asam amino yang cukup pada tubuh. Bila tidak mendapatkan asupan protein maka otot yang rusak tidak akan membaik secara otomatis yang ada semakin lemah dan rusak.

Setelah membaca penjelasan tersebut tentunya Anda paham bahwa protein sangat penting dalam pembentukan otot. Lalu, berapa banyak kebutuhan protein untuk tubuh dan berapa banyak kebutuhan protein harian untuk fitnes. Kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya.

Pasti banyak sekali pertanyaan di benak Anda mengenai aturan makan protein agar otot jadi ideal. Seperti asupan makanan berprotein apa saja yang harus dimakan dan apakah ada suplemen khusus yang bisa mempercepat pembentukan otot?

Apakah 1 gr protein per hari cukup untuk kebutuhan? Lalu, bila mengkonsumsi protein berlebih apa yang akan terjadi pada tubuh? Semua pertanyaan itu tentu bertujuan agar Anda bisa mengetahui dan tidak salah langkah ketika melakukan fitnes sehingga usahanya menjadi sia-sia.

Pertanyaan-pertanyaan itu akan mendapat jawabannya setelah membaca semua penjelasannya di sini. Baca sampai akhir agar Anda tahu apa yang harus dikonsumsi, dilakukan ketika dalam proses pembentukan otot.

Baca Juga : Asam Amino Esensial : Pengertian, Jenis dan Fungsi, Sumber

Kebutuhan Protein Harian untuk Fitnes

Dari Harvard Medical School diketahui bahwa orang dewasa yang aktif beraktivitas akan membutuhkan sekitar 10% dari jumlah kalori yang dikonsumsi. Atau sekitar 0,8 gr protein per kg berat badan Anda. Jadi bila memiliki berat 70 kg maka protein minimal yang harus dikonsumsi sekitar 56 gr.

Untuk seseorang yang aktif berolahraga atau fitnes setiap harinya, sangat direkomendasikan mengonsumsi protein 20 gr setiap selesai olahraga. Hal itu dilakukan agar protein bisa langsung memperbaiki jaringan otot yang rusak tersebab olahraga.

Bila Anda jarang berolahraga dan memiliki aktivitas yang sedikit maka kelebihan protein dalam tubuh akan diubah menjadi lemak. Jangan sepelekan, sekalipun tidak berolahraga tetap membutuhkan asupan protein karena setiap hari sel rusak dan butuh asam amino untuk meregenerasi.

Apalagi bila sering berolahraga setiap hari maka kebutuhan protein pun makin tinggi. Meski begitu bukan berarti Anda harus makan dengan rakus semua makanan berprotein tinggi, sama sekali tidak dianjurkan seperti itu. lantas berapa sebenarnya kebutuhan protein harian untuk fitnes?

Menurut Institute of Medicine yang mengatakan bahwa sekitar 10 sampai 35% kalori harian manusia diharuskan berasal dari protein. Namun, sepertinya penjelasan itu masih tidak jelas bagi Anda apalagi untuk seorang pemula. 10 sampai 35 protein sepertinya masih kurang tinggi menurut Anda.

Mari kita baca beberapa hasil penelitian mengenai kebutuhan protein seorang atlet berikut ini :

Penelitian dari McMaster University

Mereka mencatat bahwa asupan protein 1,3 hingga 1,8 gr/kg sudah cukup maksimal untuk merangsang sintesis protein. Mereka juga mencatat bahwa akan lebih banyak protein yang dibutuhkan jika berlatih terlalu keras.

Penelitian The University of Western Ontario

Sementara the University of Western Ontario menyebutkan hal sama. Angka 1,6 hingga 1,8 gr/kg berat badan sudah cukup untuk olahragawan. Mereka juga mengatakan bahwa kebutuhan akan meningkat bila terjadinya pertambahan intensitas latihan, asupan energy, usia, jenis kelamin, dll.

Menurut Umumnya Binaragawan

Bila anda bertanya pada seorang atlet atau binaragawan, seringkali mereka menjawab kebutuhan protein sekitar 2,2gr protein/kg berat badan tiap hari. Asupan protein lebih tinggi 2,6 sampai 3 gram setiap hari bila memasuki masa cutting.

AUT University

Berikutnya Anda bisa mencoba penelitian dari AUT University jika merasa asupan protein berdasarkan dari Binaragawan terlalu tinggi bagi Anda. Dalam penelitiannya mereka mengatakan bahwa kebutuhan harian protein untuk atlet adalah sekitar 2,3 hingga 3,1 gram/kg berat badan.

Apabila merasa bahwa tubuh sudah mencapai berat badan ideal dan berotot maka tetap harus jaga asupan protein harian. Apa yang akan terjadi bila asupan protein kurang dalam tubuh? Bila asupan kurang dari satu gram per hari maka akan menyebabkan penyusutan otot dengan cepat.

Pilih penelitian mana yang Anda rasa cocok, setelah itu ketahui juga beberapa sumber protein yang sudah kami rekomendasikan untuk Anda konsumsi. Berikut adalah beberapa sumber makanan dengan protein tinggi yang cocok Anda minum untuk kebutuhan pembentukan otot tubuh:

  • Telur ayam
  • Yogurt
  • Daging sapi rendah lemak
  • Tahu
  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Susu sapi
  • Dada ayam tanpa kulit
  • Bubuk protein

Itulah beberapa makanan sumber protein yang sangat direkomendasikan untuk pembentukan otot tubuh.

Baca Juga : 10 Makanan Yang Mengandung Asam Amino

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengkonsumsi Protein?

waktu yang tepat untuk mengkonsumsi protein
waktu yang tepat untuk mengkonsumsi protein

Karena untuk membentuk otot membutuhkan protein yang tinggi apakah harus memakannya sekitar 3 jam per hari? Apakah setiap sebelum dan selesai olahraga harus mengkonsumsi protein agar hasil pembentukan otot maksimal?

Sebenarnya frekuensi makan tidak ada masalah selagi kebutuhan protein harian sudah sesuai yang Anda butuhkan. Tidak akan langsung masuk fase katabolik ketika tidak makan protein dalam beberapa jam. Makan lebih banyak dan sering juga tidak akan membuat otot lebih kuat, jadi harus bagaimana?

Saran terbaik dari kami adalah Anda makan sumber protein dengan jangka waktu lebih sering, tapi porsi yang sedikit. Sesuaikan dengan angka kebutuhan protein harian untuk fitnes lalu bagi menjadi beberapa porsi tiap jam.

Salah satu waktu yang pas untuk mengkonsumsi protein adalah beberapa saat setelah latihan atau olahraga. Di mana di saat itulah tubuh sangat membutuhkan bantuan protein untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan memulihkan kebugaran tubuh.

Waktu lainnya yang tepat untuk mengkonsumsi makanan berprotein tinggi untuk pembentukan otot adalah sebelum tidur. Tujuannya bukan mencegah kerusakan pada otot, tapi tetap sama yaitu membantu mempercepat perbaikan otot yang rusak karena olahraga.

Itulah beberapa waktu yang tepat untuk mengkonsumsi makanan berprotein. Setelah mengetahui berapa jumlah kebutuhan protein harian untuk fitnes akan mempermudah Anda mendapatkan tubuh ideal dengan otot memikat yang sangat Anda idamkan.

Baca Juga : Manfaat Susu Whey Protein Untuk Wanita

Tinggalkan komentar