Bromelain Adalah Enzim Yang Terdapat Pada Nanas

Bromelain adalah enzim yang berfungsi untuk mencerna protein yang terdapat pada buah, batang atau sari buah nanas. Telah dikenal sejak berabad-abad yang lalu dan digunakan untuk pengobatan medis, terutama di daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Pada saat ini bromelain banyak digunakan dalam suplemen makanan, atau bisa dicampur bersama dengan obat yang lain. Sebagian besar orang menggunakan bromelain untuk obat luka bakar, obat peradangan atau inflamasi terutama pada hidung, obat osteoarthritis atau nyeri sendi, mengurangi rasa sakit pada otot. Bromelain adalah enzim yang sangat besar manfaatnya untuk kesehatan.

Pengertian Bromelain

Bromelain adalah enzim yang berasal dari batang buah nanas (Ananas comosus), pada jaman dahulu ekstrak buah nanas telah digunakan sebagai obat tradisional. Komponen bromelain adalah campuran senyawa tiol endopeptidase, glukosidase, fosfatase, selulase, peroksidase, karbohidrat, glikoprotein dan dan beberapa inhibitor protease.

Enzim “bromelain” merupakan enzim protease yaitu suatu enzim yang dapat memecah protein kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana seperti senyawa peptida dan asam amino sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh, enzim ini sangat besar manfaatnya terutama untuk seseorang yang mengalami gangguan pencernaan. Banyak enzim yang mengubah protein menjadi asam amino salah satunya bromelain.

Penemu Enzim Bromelain

Buah nanas telah digunakan sebagai obat tradisional oleh penduduk asli Amerika Selatan dan Tengah sejak dahulu. Isolasi bromelain pertama kali dilakukan oleh ahli kimia dari negara Venezuela yang bernama Vicente Marcano pada tahun 1891 dengan melakukan experimen memfermentasi buah nanas.

Setahun kemudian tepatnya sekitar tahun 1892, Russell Henry Chittenden, dibantu Frank Sherman Meara dan Elliott P. Joslin, melanjutkan experimen ini dan menemukan senyawa dalam ektrak nanas dan diberi nama ‘bromelain’. Selanjutnya, istilah ‘bromelain’ diperkenalkan ke publik sebagai enzim protease yang merupakan famili tanaman Bromeliaceae.

Bagaimana Cara Kerja Enzim Bromelain?

Bromelain mengandung enzim proteolitik (proteinase sistein) yang membantu memecah protein dalam tubuh sehingga membantu mencerna makanan. Bromelain menyebabkan tubuh memproduksi zat akan melawan rasa sakit dan peradangan (pembengkakan), senyawa kimia dalam bromelain akan mengganggu pertumbuhan sel tumor dan akan memperlambat proses pembekuan darah.

Pada Suhu Berapakah Enzim Bromelain Mampu Bekerja Maksimal?

Bromelain dapat bekerja secara efektif pada suhu 40-65 °C dengan suhu optimum 50 °C dan dapat berfungsi secara optimal pada rentang pH 3 hingga 9. Bromelain dapat diaktifkan oleh kalsium klorida (CaCl2), garam bisulfat, sistein, natrium sulfida(Na2S), natrium sianida (NaCN), asam sulfida (H2S), dan benzoat.

Baca Juga : Asam Amino Esensial

Sumber Enzim Bromelain

Bromelain terdapat di semua bagian buah nanas, tetapi kandungan terbanyak terdapat pada batangnya. Secara komersil bromelain dijual dalam bentuk suplemen makanan, bisa dalam bentuk tablet, kapsul, bubuk maupun krim yang dicampur dengan senyawa lain seperti asam linoleat terkonjugasi. Fungsi sulemen ini untuk menurunkan berat badan.

Berapa kandungan enzim bromelain pada nanas?

Hasil penelitian berjudul “Bromelain content of extract from stem of pineapple (Ananas comosus (L.) Merr)” menunjukkan bahwa bromelain dari batang nanas memiliki berat molekul antara 19-22 kDa atau sekitar 3.155 x10-20 s/d 3.6532 x 10-20 gram.

Dengan Uji Bradford konsentrasi bromelain dalam batang nanas adalah 0,476 gram/mL. Ekstrak Bromelin kering dalam keadaan tidak beku (NF) menunjukkan 0,317 U/mL, sedangkan ekstrak kering dalam keadaan beku (F) menunjukkan 0,212 U/mL.

Manfaat Enzim Bromelain

Bromelain digunakan oleh manusia sebagai obat alami untuk mengobati masalah kesehatan, dibawah ini adalah manfaatnya :

Mengobati Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah penyakit peradangan atau nyeri pada sendi, seseorang yang menderita penyakit ini biasanya menggunakan suplemen bromelain untuk mengobatinya. Studi klinis menemukan bahwa enzim bromelain adalah obat yang berguna untuk pengobatan osteoartritis, karena memiliki efek anti-inflamasi. Tetapi para peneliti menganjurkan supaya efektivitas harus dilakukan dengan dosis yang sesuai.

Menghilangkan Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan/inflamasi pada dinding sinus (rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak). Bromelain dapat membantu mengurangi gejala sinusitis pada anak-anak, meningkatkan pernapasan, dan mengurangi peradangan hidung.

Membantu Sistem Pencernaan

Bromelain dikonsumsi untuk mengurangi sakit perut dan beberapa gejala gangguan pencernaan. Karena sifat bromelain yang mengurangi peradangan, beberapa orang menggunakannya sebagai terapi tambahan untuk mengobati gangguan radang usus.

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi efek beberapa bakteri yang mempengaruhi usus, seperti Escherichia coli dan Vibrio cholera. Kedua bakteri ini adalah penyebab umum diare.

Anti Kanker

Bromelain memiliki efek anti kanker, mengurangingi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anti Peradangan

Bromelain juga dapat mengurangi peradangan di tempat lain di tubuh, selain mengurangi peradangan hidung karena sinusitis. Dalam penelitian pada hewan telah membuktikan bahwa, bromelain dapat mengurangi senyawa tertentu yang terkait dengan peradangan kanker dan pertumbuhan tumor.

Bromelain juga dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh yang sehat untuk melepaskan senyawa sistem kekebalan yang melawan peradangan. Bromelain dapat mengurangi transforming growth factor beta, yang merupakan senyawa yang terkait dengan peradangan pada rheumatoid arthritis dan osteomyelofibrosis.

Penurunan Berat Badan

Banyak produsen suplemen yang memasarkan bromelain sebagai senyawa yang membantu menurunkan berat badan. Enzim yang terdapat dalam bromelain, dapat membantu meningkatkan kecepatan tubuh dalam mencerna lemak. Tetapi, hanya sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Baca Juga : 5 Perbedaan Asam Amino Esensial dan Non Esensial

Manfaat Enzim Bromelin Untuk Kulit Wajah

Bromelain memiliki efek anti inflamasi yang signifikan dan ini telah dibuktikan dengan beberapa uji klinis. Efektifitas bromelain karena alasan berikut :

  • Mampu mengurangi edema (pembengkakan jaringan tubuh kerena penumpukan cairan).
  • Menghambat peradangan berlebihan dan sitokin pro-inflamasi yang dapat mengganggu proses penyembuhan kulit.
  • Meningkatkan efektivitas antibiotik dan meningkatkan waktu pemulihan dan perawatan luka.
  • Bromelain mampu memperbaiki debridement luka (pengangkutan jaringan kulit yang mati) karena infeksi dan luka bakar.

Obat Luka Bakar

Dalam NCBI (National Centre for Biotechnology Information) dengan judul artikel “Properties and Therapeutic Application of Bromelain: A Review” mengutarakan studi penelitian tentang bromelain yang menunjukkan bahwa senyawa ini mampu mengobati dan mempercepat luka atau luka bakar.

Caranya salep bromelain hanya dioleskan saja ke kulit yang mengalami luka bakar. Didalam bromelain terdapat enzim “Escharase” yang berfungsi sebagai debridement yaitu mengangkat sel jaringan kulit yang rusak atau mati dan tetap menjaga jaringan kulit yang masih baik.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa enzim proteolitik seperti bromelain secara signifikan mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017, peneliti mengambil 26 subjek yang berusia antara 18 – 78 tahun dan pernah menderita luka bakar di wajah.

Debridement enzimatis menghasilkan waktu penyembuhan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan kelompok yang hanya menggunakan pengobatan standar. Kelompok yang menerima pengobatan bromelain lukanya sembuh dalam 19 hari, sedangkan seseorang yang menggunakan pengobatan standar memerlukan waktu yang jauh lebih lama yaitu 42 hari.

Bedah Plastik Dan Operasi Wajah

Ketika anda menjalani operasi wajah, maka agar pembengkakan, kemerahan dan ketidaknyamanan hilang dengan cepat maka dalam sebuah studi klinis sangat dianjurkan mengkonsumsi seplemen yang mengandung vitamin C, ekstrak biji anggur dan tentu saja bromelain. Pasien yang secara rutin mengkonsumsi suplemen ini dengan dosis yang tepat akan mempercepat proses pertumbuhan sebesar 17%.

Penyakit Kulit

Bromelain dapat secara efektif mengobati penyakit kulit kronis karena inflamasi, atau virus. Penyakit kulit Pityriasis Lichenoides Chronica, yang ditandai dengan bintik-bintik merah kecil di permukaan kulit dapat diobati dengan menggunakan bromelain.

Cara Menggunakan Enzim Bromelain

Seperti yang telah disebutkan diatas, bromelain efektif bila dikonsumsi sebagai suplemen atau dioleskan langsung ke kulit.

Bromelain juga dapat dimasukkan sebagai bahan dalam masker wajah dan pembersih wajah yang berfungsi membantu mengangkat sel kulit mati, mengurangi peradangan kulit dan memberikan kulit bercahaya.

Fungsi Lain Enzim Bromelain

Melunakkan daging

Enzim bromelain dan papain adalah enzim protease yang paling populer digunakan untuk melunakkan daging. Bromelain biasanya dijual dalam bentuk bubuk, bisa juga dicampur dalam bumbu, atau langsung ditaburkan pada daging mentah pada proses pemasakan.

Tetapi nanas yang telah dimasak atau dikalengkan tidak memiliki kemampuan untuk melunakkan daging lagi, karena enzim bromelain didalamnya akan mengalami kerusakan/denaturasi selama proses pemanasan.

Pengobatan Medis

Konsentrat enzim proteolitik yang diperkaya dengan enzim bromelain telah disetujui di Eropa untuk debridement (pengangkatan jaringan mati) luka bakar parah dengan nama dagang “NexoBrid”. Terapi enzim sistemik (terdiri dari kombinasi enzim proteolitik seperti bromelain, papain, tripsin dan kimotripsin) telah diteliti di Eropa untuk mengevaluasi kemanjuran pada pasien kanker payudara, plasmasitoma dan kolorektal.

Baca Juga : Glutamin Adalah Asam Amino

Sumber Referensi :

  1. Jurnal Properties and Therapeutic Application of Bromelain: A Review yang diterbitkan National Centre for Biotechnology Information.
  2. Jurnal Bromelain content of extract from stem of pineapple (Ananas comosus (L.) Merr) yang diterbitkan oleh American Institute of Physics (AIP).
  3. Artikel Bromelain: Dosage, Benefits, and Side Effects.

Tinggalkan komentar