Asam Amino Arginin : Pengertian, Struktur, Sifat, Sintesis, Kegunaan, Sumber

Asam amino arginin digunakan oleh tubuh untuk memproduksi oksida nitrat, molekul yang membantu melancarkan peredaran darah. Asam amino ini dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah. Untuk lebih memahami apa itu arginin, simak penjelasan berikut:

Pengertian Arginin

Arginin adalah asam amino yang digunakan untuk proses biosintesis pembuatan protein. Arginin digolongkan sebagai asam amino semi esensial atau asam amino kondisional yang tergantung pada tahap perkembangan dan kondisi kesehatan pada setiap individu. Selain arginin, yang termasuk asam amino semi esensial ini adalah sistein dan tirosin.

Asam amino arginin ini cenderung berkurang pada waktu bayi atau pada saat seseorang mengalami sakit, cidera atau pasca operasi. Kalau bayi prematur justru arginin tidak dapat disintesis sendiri oleh tubuh, si bayi harus mendapatkan asupan dari makanan lain yang mengandung protein. Untuk orang dewasa dan dalam keadaan sehat, arginin ini dapat disintesis dalam tubuh dari glutamin melalui citrulline.

Baca Juga : Glutamin Adalah Asam Amino

Struktur Arginin

Struktur Asam Amino Arginin
Struktur Asam Amino Arginin
  • Rumus Molekul : C6H14N4O2
  • Rumus Struktur : H2N−C(=NH)−NH−[CH2]3−CH(NH2)−COOH
  • Simbol : Arg atau R
  • Memiliki Massa Molekul Relative (Mr) : 174
  • Nama IUPAC : Asam-2-amino-5-guanidinopentanoat
  • Nama Alternatif : L-Arginin

Kalau kita perhatikan struktur arginin diatas maka dalam setiap molekul arginin terdapat 1 atom C atau sering disebut C-alpha yang mengikat :

  1. Gugus asam karboksilat (−COOH)
  2. Gugus amino (−NH2)
  3. Satu atom hidrogen (H)
  4. Rantai 3 atom karbon alifatik yang ujungnya mengikat “gugus guadino”

Catatan :

  • Gugus COOH dapat melepaskan ion H+ menjadi COO
  • Gugus −NH2 dapat menerima ion H+ menjadi NH3+
  • Gugus guadino juga dapat menangkap ion H+ membentuk ion guanidium atau −C−(NH2)2+

Karena adanya ion dalam arginin ini maka menjadikannya sebagai senyawa polar, arginin memiliki gugus guadino yang bermuatan positif, dapat mengikat anion fosfat dan berperan dalam menjaga keseimbangan muatan protein secara keseluruhan.

Guanidin adalah senyawa dengan rumus rumus HN−C−(NH2)2, sedangkan gugus guadino adalah gugus substituen dari guanidin yang memilikiri struktur HN−C−(NH2)−NH−*

Baca Juga : 10 Makanan Yang Mengandung Asam Amino

Sifat Arginin

  • Bersifat basa, karena arginin banyak mengandung gugus amina (−NH2) yang artinya pH nya > 7. Lisin dan histidin adalah asam amino esensial yang lain yang bersifat basa.
  • Memiliki muatan Positif.
  • Bersifat polar, mudah larut dalam pelarut air.
  • Bersifat hidrofilik (disukai oleh air).
  • Memiliki nilai pKa = 12,5.

Sumber: National Center for Biotechnology Information

Sintesis Arginin

Sintesis Arginin
Sintesis Arginin

Arginin adalah asam amino yang sangat penting dalam diklus urea dan dapat dibuat dengan berbagai cara. Sintesis arginin dapat dilakukan dengan :

  1. Reaksi maju (forward reaction) dua langkah yang berasal dari citrullin, ATP dan aspartat. Proses ini berlangsung dalam siklus urea.
  • Reaksi citrulin dan aspartat melibatkan pembelahan ATP untuk membuat AMP ditambah dua ion fosfat anorganik (Pi) menghasilkan argininosuksinat.
  • Reaksi dengan tanda panah hijau adalah reaksi pembuatan arginin. Argininosuksinat akan bereaksi menghasilkan arginin, dan reaksinya dapat berjalan mundur.
  1. Arginin dapat diproduksi dari Asymmetric Dimethyl Arginine (ADMA), ini adalah bentuk modifikasi dari arginin yang ditemukan dalam protein. Untuk mendapatkan ADMA, protein harus dipecah terlebih dahulu dengan menggunakan proteolisis.
  • ADMA dapat didemetilasi untuk membuat arginin.
  1. Reaksi bolak-balik (reverse reaction) dalam siklus urea menggunakan enzim arginase. Dalam reaksi ini melibatkan molekul lain yaitu ornitin.
  • Ornitin dan urea akan bereaksi menghasilkan arginin dengan melepaskan molekul air.
  1. Reaksi yang melibatkan asam nitrat, ini adalah reaksi yang sebenarnya digunakan untuk membuat asam nitrat dalam sel dan melibatkan citrulin, asam nitrat, dan NADP.
  • Citrullin akan bereaksi dengan oksida nitrat dan H2O menghasilkan arginin. Reaksi ini termasuk reaksi oksidasi dimana NADP+ akan diubah menjadi NADPH dan gas oksigen.

Baca Juga : Asam Amino Non Esensial : Pengertian, Jenis dan Fungsi, Sumber

Kegunaan Arginin

Dibawah ini adalah kegunaan atau manfaat arginin :

Membantu melancarkan peredaran darah

Arginin adalah asam amino yang dapat melancarkan pembuluh darah dikarenakan dapat memproduksi oksida nitrat dengan bantuan enzim oksida nitrat sintase melalui reaksi biokimia. Oksida nitrat ini dalam tubuh berfungsi sebagai vasodilator, yaitu zat yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dengan cara merelaksasi otot pembuluh darah sehingga aliran darah dalam tubuh manusia menjadi lebih lancar.

Dengan adanya vasodilator ini akan mengurangi beban kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga akan menurunkan tekanan darah dan mengurangi stress. Oksida nitrat ini dapat kita peroleh dari arginin atau berasal dari nitrat makanan yang kita konsumsi. Sayuran hijau memiliki kadar oksida nitrat yang tinggi, makanya seorang vegetarian memiliki resiko penyakit kardiovaskuler (penyakit gangguan pembuluh darah dan jantung) yang rendah.

Mengurangi radikal bebas

Arginin dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat yang akn mengurangi radikal bebas. Radikal bebas adalah atom tidak stabil yang dapat merusak sel, menyebabkan penuaan dan kematian.

Menurunkan oksidasi kolesterol LDL

Arginin berperan penting dalam menurunkan oksidasi kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein), orang lebih mengenalnya dengan kolesterol jahat yang memberikan dampak yang buruk buat kesehatan tubuh manusia.

Sebagai antikoagulan

Arginin dapat berperan sebagai antikoagulan, yaitu menghambat pembekuan darah.

Dapat membantu disfungsi ereksi

Perpaduan arginin dengan pycnogenol (suplement herbal), menurut “Journal of Sex and Marital Therapy” dapat membantu pria dewasa berusia 25 sampai 45 dapat ereksi secara normal. Di indonesia penyakit ini disebut penyakit “lemah syahwat”

Membantu sistem kekebalan tubuh

Arginin adalah nutrisi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh kita karena dapat berfungsi sebagai substrat fisiologis untuk enzim, sebagai blok bangunan untuk membuat jaringan protein dan sebagai molekul pengatur dalam jalur transduksi sinyal dalam sel (termasuk imunosit).

Meningkatkan aliran darah ke otak

Agar fungsi otak normal maka metabolisme L-arginin di otak sangat penting. Asam amino ini dapat mensintesis protein otak, selain itu dia berfungsi sebagai substrat untuk memproduksi kreatin, urea asam glutamat, oksida nitrat, ornitin, prolin dan poliamina.

Meningkatkan aliran darah melalui paru-paru

Dalam sebuah uji klinis, arginin dapat digunakan sebagai obat yang aman dan sedikit efek samping bagi seseorang yang menderita penyakit asma dikarenakan arginin dapat meningkatkan aliran darah menuju paru-paru.

Arginin membantu mengendurkan sfingter

Sfingter adalah otot yang bentuknya seperti cincin didalam kerongkongan, letaknya dibagian atas pintu masuk menuju lambung. Arginin ini berfungsi membantu mengendurkan atau merelaksasi kerja sfinger. Fungsi sfingter ini adalah untuk membuka atau menutup kerongkongan sesuai kebutuhan.

Meningkatkan hormon pertumbuhan

Arginin dapat meningkatkan hormon pertumbuhan dan menyebabkan struktur otot dan tulang menjadi lebih sehat.

Sumber: Dr. Eric Berg

Baca Juga : Enzim Yang Mengubah Protein Menjadi Asam Amino

Makanan Yang Banyak Mengandung Arginin

Dibawah ini adalah makanan nabati atau hewani yang mengandung asam amino arginin dengan kadar yang tinggi. Jadi kalau seseorang kekurangan asam amino arginin maka makanan inilah yang sebaiknya dikonsumsi. Tetapi yang perlu diingat adalah selalu konsultasi dengan dokter kalau menderita alergi tertentu.

  1. Kalkun

Kalkun adalah salah satu hewan yang mengandung protein yang cukup tinggi, kandungan arginin tertinggi terletak pada bagian dada kalkun. Setiap 100 gram daging kalkun mengandung 1.37 gram arginin. Selain kaya protein daging kalkun ini kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin B.

  1. Wijen

Banyak biji-bijian yang mengandung protein, salah satunya adalah biji wijin. Setiap 100 gram wijen mengandung 4,44 gram arginin.

  1. Kedelai

Kedelai kaya akan mineral kalium dan magnesium, Satu cangkir kedelai memiliki 4,6 gram arginin.

  1. Ayam

Ayam juga salah satu sumber protein yang cukup tinggi, satu dada ayam memiliki kandungan arginin sebesar 9 gram arginin.

  1. Biji Labu

Satu cangkir biji labu memiliki kandungan arginin hampir 7 gram, selain itu biji labu juga merupakan sumber mineral besi dan seng.

  1. Kacang Tanah

Secangkir kacang tanah mengandung sekitar 4,6 gram arginin, kacang tanah juga mengandung vitamin B-3 , vitamin E, folat, dan niasin.

  1. Susu

Susu merupakan sumber protein yang baik, demikian juga dengan produk olahan susu seperti keju, dan yogurt. Satu cangkir susu mengandung sekitar 0,2 gram arginin, dan 4 ons keju cheddar mengandung sekitar 0,25 gram arginin.

  1. Buncis

Buncis, kaya akan protein dan serat, bisa untuk pengganti daging. Satu cangkir buncis ymengandung 1,3 gram arginin.

Sumber: United States Department of Agriculture

Tinggalkan komentar